Doa Agar Mudah Menghafal, Bisa untuk Persiapan CPNS 2023

Usaha dan doa bisa membantu dalam menghadapi sesuatu

Shakira Arum
Selasa, 19 September 2023 | 08:10 WIB
Doa Agar Mudah Menghafal, Bisa untuk Persiapan CPNS 2023
Doa Supaya Mudah Menghafal ((Pexels))

Tidak lama lagi tes CPNS 2023 akan berlangsung, dan supaya Anda bisa mempersiapkan diri dengan maksimal pastikan Anda belajar dengan baik sekaligus rajin mengucapkan doa agar mudah menghafal dan mengingat materi ujian. 

Seperti diketahui kalau CPNS 2023 di dalamnya ada tes SKD dan SKB. Dalam menjalankan tes tersebut Anda disarankan untuk mempelajari materi ujian supaya bisa melaksanakan ujian CPNS dengan lancar.

Namun, tidak sampai disitu. Anda disarankan untuk memanjatkan doa supaya mudah menghafal. Memanjatkan doa supaya mudah menghafal dan mengingat materi ujian diharapkan dapat memudahkan kita melakukan hal tersebut. Sehingga bisa mengerjakan ujian dengan baik seperti test CPNS. 

Doa Supaya Mudah Menghafal 

Baca Juga:Bayern Munich vs Manchester United: Setan Merah Dirundung Nasib Buruk, Bek Kanan Andalan Cedera

Berikut ini beberapa doa yang dipanjatkan supaya Anda lebih mudah dalam menghafal atau mengingat materi ujian. 

1. Doa Mudah Menghafal atau Paham

Allahummarzuqna ya robbi fahman-nabiyyina. Wahifzholmursalin, wa ilhamal-malaaikatil-muqorrobin fi'afiatin ya arhamarrohimin.

Artinya: "Ya Allah, karuniailah kami paham para nabi dan hafalan para rasul serta mendapat ilham para malaikat yang hampir dengan-Mu, juga kurniakanlah kami kesehatan wahai Maha Penyayang."

2. Doa Agar Dimudahkan Menghafal dan Mengingat 

Baca Juga:Serba Digital! Pemilihan Muli Mekhanai di Festival Parekraf Lampung 2023 Kini Dilakukan Pakai QRIS

Allahumma zidnaa walaa tan-qushnaa wa akrimnaa walaa tuhinna wa a'thinaa walaa tahrimnaa wa atsirnaa walaa tu'tsir 'lainaa waardhinaa wardho 'annaa

Artinya: "Ya Allah, tambahkanlah buat kami jangan Engkau kurangkan, muliakanlah kami jangan dihina, berilah buat kami jangan ditahan, pilihlah kami jangan Engkau biarkan dan ridhoilah kami dan ridhoilah pula semua usaha kami."

3. Doa Agar Pintar dan Mudah Menghafal 

“Fafahhamna Sulaimana, wa kullan atayna hukman wa ‘ilman, wa sakhkharna ma‘a Dawudal jibala yusabbihna wat thayra, wa kunna fa‘ilin. Ya hayyu, ya qayyumu, ya rabba Musa wa Harun, wa rabba Ibrahim, way a rabba Muhammadin shallallahu ‘alayhi wa sallama ‘alayhim ajma‘an. Allahummarzqniyal fahma, wal ‘ilma, wal hikmata, wal ‘aqla, bi rahmatika, ya arhamar rahimiin,”

Artinya: Kami memberikan pemahaman kepada Sulaiman. Setiap dari mereka Kami berikan kebijaksanaan dan ilmu. Kami tundukkan gunung dan burung kepada Dawud. Mereka bertasbih. Kami lah yang melakukan itu semua. Wahai zat yang hidup, wahai zat yang tegak, wahai Tuhan Musa, Harun, Tuhan Ibrahim, wahai Tuhan Muhammad SAW. Ya Allah, karuniakan aku pemahaman, ilmu, kebijaksanaan, dan akal dengan rahmat-Mu wahai zat yang maha pengasih,”

4. Doa Agar Ilmu Bermanfaat 

“Rabbanan fa’naa bimaa ‘alamtanalladzii yanfa’ unaa waa zidna ‘ilmaa, walhamdulillah ‘alaa kullihaal,”

Artinya: Ya Tuhan kami, jadikanlah ilmu kami ilmu yang bermanfaat, ajarkan kami apa-apa yang bermanfaat bagi kami serta tambahkan ilmu bagi kami, segala puji hanya bagi Allah dalam setiap keadaan.

Demikian informasi mengenai doa agar cepat dan mudah menghafal materi, yang dapat dipanjatkan ketika mempersiapkan diri untuk CPNS 2023. 

REKOMENDASI

BERITA TERKAIT

Unik

Terkini

Tampilkan lebih banyak