Ini Catatan Waktu Terbaik untuk Melaksanakan Salat Dhuha

Nabi Muhammad SAW mengatakan kepada Abu Hurairah terkait keutamaan salat dhuha.

Shakira Arum
Kamis, 04 Mei 2023 | 16:00 WIB
Ini Catatan Waktu Terbaik untuk Melaksanakan Salat Dhuha
Ilustrasi Orang Melaksanakan Salat. ([Istimewa])

Dalam melaksanakan salat dhuha di waktu-waktu yang tepat, bisa mendapatkan keberkahan dari Allah SWT. Berikut ini informasi mengenai waktu terbaik untuk melaksanakan salat dhuha, yang bisa dijadikan panduan untuk menjalankan ibadah tersebut. 

Salat dhuha menjadi ibadah sunnah yang harus dikerjakan tepat pada waktu dhuha dan tidak boleh dilakukan pada saat waktu terlarang. selain itu, salat dhuha menjadi ibadah yang tak pernah ditinggalkan oleh Nabi Muhammad SAW dan sangat dianjurkan kepada para Muslim untuk turut menunaikannya. 

Melansir dari laman NU Online, anjuran tersebut salah satunya berupa wasiat yang ditujukan kepada Abu Hurairah, seperti yang tertuang dalam hadis riwayat H.R. Bukhari yang berbunyi: 

"Rasulullah SAW kekasihku berwasiat kepadaku tiga hal, pertama puasa tiga hari setiap bulan, kedua dua rakaat dhuha (setiap hari), ketiga shalat witir sebelum tidur." 

Baca Juga:Niat dan Doa Setelah Salat Hajat, Lengkap Beserta Artinya

Manfaat/Keutamaan Sholat Dhuha 

Nabi Muhammad SAW mengatakan kepada Abu Hurairah terkait keutamaan salat dhuha. Salah satu keutamaanya, yaitu untuk membersihkan diri dari segala dosa dan yang menambah kemungkinan terkabulnya doa-doa. Berikut hadis riwayat Abu Hurairah yang menjelaskan keutamaan atau manfaat salat dhuha. 

Artinya: "Barang siapa menjaga salat dhuha, maka Allah akan mengampuni segala dosanya walaupun sebanyak buih di lautan." 

Manfaat lain salat dhuha yang paling banyak disebut yaitu Allah SWT akan membangunkan rumah yang indah dan terbuat dari emas di surga bagi umat-Nya yang rajin mengerjakan dhuha. Ada juga yang mengatakan, umat Islam yang menunaikan ibadah shalat dhuha akan memperoleh pahala layaknya ia mengerjakan ibadah umrah. 

Hal ini merujuk pada salah satu hadits yang diriwayatkan oleh Hakim dan Thabrani, Rasulullah SAW bersabda yang artinya: 

Baca Juga:Salat Idul Fitri Bercampur Antara Pria dan Wanita Viral di Indramayu, Ponpes Al Zaytun Buat Klarifikasi Begini

"Wahai anak Adam, jangan sekali-kali engkau malas mengerjakan empat rakaat pada waktu permulaan siang (shalat dhuha) niscaya pasti akan aku cukupkan kebutuhanmu pada akhir harinya." 

Waktu yang Tepat untuk Salat Dhuha

Mungkin masih menjadi pertanyaan yang sering muncul di benak orang yang baru saja akan melaksanakan salat dhuha.  

Umat muslim, dianjurkan mengerjakan salat dhuha di waktu dhuha, yakni waktu menjelang tengah hari sejak naiknya matahari dan sudah terasa panas hingga menjelang waktu sholat dzuhur. Ibadah sunnah ini dapat dilakukan berkisar mulai pukul 07.00-11.00 WIB. 

Akan tetapi sebaiknya salat dhuha dilakukan sesudah melewati seperempat hari. Misalnya, jika dalam sehari ada 24 jam, maka sholat dhuha dapat dikerjakan setengah harinya 12 jam. 

Untuk lebih jelasnya, mulai dari waktu subuh yang berkisar pukul 05.00 sampai 17.00 WIB. Kemudian, dibagi menjadi empat waktu, sehingga diperoleh seperempat pertama salat dhuha adalah pukul 05.00-08.00 WIB. 

Berikutnya, seperempat kedua pada pukul 09.00-11.00 WIB. Maka, ditemukan waktu terbaik untuk mengerjakan salat dhuha yakni setelah seperempat pertama atau seperempat kedua, mulai pukul 09.00 WIB. 

Hal yang penting untuk diperhatikan adalah, salat dikerjakan tidak boleh melewati batas waktu dhuha, yaitu menjelang salat dzuhur. Selain itu, dilarang menunaikan ibadah ini di waktu haram salat dhuha, yakni waktu matahari sudah terbit tetapi belum terasa panas ataupun dikenal sebagai waktu shohwah. 

Demikian informasi mengenai waktu terbaik menjalankan salat dhuha. Semoga bermanfaat untuk ibadah Anda. 

REKOMENDASI

BERITA TERKAIT

Unik

Terkini

Tampilkan lebih banyak