Warga China Dibantai di Amerika dan Ketegangan Washington-Beijing yang Terus Meruncing

Kemarin sebuah tragedi berdarah menimpa warga China di Amerika Serikat. Empat orang tewas dibantai menggunakan senjata api. Mereka diberondong peluru di Half Moon Bay California.

Mamad
Sabtu, 28 Januari 2023 | 15:32 WIB
Warga China Dibantai di Amerika dan Ketegangan Washington-Beijing yang Terus Meruncing
Pembantaian warga China di Amerika (ANTARA)

Suara Joglo - Kemarin sebuah tragedi berdarah menimpa warga China di Amerika Serikat. Empat orang tewas dibantai menggunakan senjata api. Mereka diberondong peluru di Half Moon Bay California.

Insiden berdarah ini sontak membuat Beijing tersentak. Pemerintah China segera mengeluarkan imbauan agar warganya di Amerika berhati-hati. Mereka juga mengutuk keras insiden berdarah itu.

Konsulat Jenderal China di San Fransisco menurut rilis Kementerian Luar Negeri China (MFA) di Beijing menyampaikan duka cita atas tragedi tersebut, Sabtu (28/01/2023).

"Kami sangat mengutuk kekerasan bersenjata dan ingin menyampaikan duka cita yang mendalam kepada para korban dan keluarganya," demikian bunyi keterangan resminya.

Baca Juga:Meski Tinggal Menunggu Sikap PKS, Koalisi Perubahan Dinilai Belum Temukan Kesepakatan karena Persoalan Ini

Sebelumnya, MFA dan Konsulat Jenderal China di San Fransisco juga mengeluarkan peringatan kewaspadaan kepada warganya di AS terkait peristiwa berdarah itu, yang terjadi pada Senin (23/01/2023) waktu setempat.

Dalam pernyataan terdahulu, China menyatakan tidak bisa memastikan jumlah warganya yang menjadi korban dalam peristiwa penembakan massal di perusahaan pembudidayaan jamur di Half Moon Bay tersebut.

Pihak Konsulat telah menghubungi anggota keluarga para korban dan menyebutkan bersedia memberikan bantuan yang diperlukan.

Juru bicara Konsulat juga menyatakan bahwa pihaknya telah berkoordinasi dengan pemerintah AS untuk menindaklanjuti investigasi kasus tersebut.

Media China menyebutkan bahwa tersangka pelaku, yang diidentifikasi sebagai Chunli Zhao (66 tahun), telah ditahan atas tuduhan menembak mati empat orang di lokasi budi daya tempat dia bekerja dan tiga lainnya di dekat perusahaan tersebut.

Baca Juga:Lesti Kejora Kena Lagi, Kali Ini Dibandingin sama Margin Wieheerm, Ada Apa?

Insiden di Half Moon Bay terjadi berselang 48 jam setelah penembakan massal pada malam perayaan Tahun Baru Imlek di sebuah sanggar tari di Monterey Park, California, yang juga menewaskan seorang warga China lainnya.

China dan Amerika berselisih

Tragedi berdarah yang menimpa warga China memang terlalu jauh bila dikaitkan hubungan Beijing-Washington yang kerap berselisih dalam beberapa waktu belakangan ini.

Kedua negara memiliki ego dan sikap yang berbeda dalam menyikapi beberapa hal. Misalnya soal krisis Ukraina. China menegaskan posisinya sama sekali tidak mendukung China.

Kemudian dalam isu perdagangan. China dan Amerika juga kerap berselisih. Beberapa waktu lalu dalam sebuah pertemuan Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) pada Jumat (27/1/2023), Beijing menyebut Washington sebagai "pengganggu sepihak". Sementara AS menuduh saingannya melakukan tindakan pembalasan ilegal.

Duta Besar China untuk WTO Li Chenggang berbicara pada pertemuan tentang sengketa perdagangan tak lama setelah Amerika Serikat mengajukan banding terhadap serangkaian putusan WTO yang melibatkan China, Turki, Norwegia, dan Swiss yang menemukan bahwa tarif logam AS melanggar aturan global.

"Perilaku AS yang meresahkan ini dengan jelas menggambarkan citra AS sebagai pengganggu sepihak, pelanggar aturan, dan pengganggu rantai pasokan," katanya, menurut salinan pidatonya yang diperoleh Reuters.

WTO telah membuat keputusan penting terhadap Amerika Serikat dalam beberapa pekan terakhir, termasuk keputusan logam yang melibatkan China dan perselisihan terpisah dengan Hong Kong mengenai pelabelan yang juga diajukan banding oleh Washington. 

Washington, yang telah lama mengkritik sistem sengketa WTO karena dianggap melampaui batas dan memimpin diskusi untuk mereformasinya telah mengkritik kedua keputusan tersebut.

Politainment

Terkini

Kehadiran keluarga Gen Halilintar dalam acara baby gender reveal anak kedua Atta Halilintar dan Aurel Hermansyah disebut-sebut menjadi momen perdana mereka menghadiri acara keluarga Atta.

Entertainment | 11:51 WIB

Belakangan ini, beredar video yang menunjukkan mantan istri Virgoun, Inara Rusli tengah berada di sebuah pusat perbelanjaan. Ia menunjukkan piyama yang ingin ia beli.

Entertainment | 11:44 WIB

Momen tersebut menjadi sorotan setelah ramai di TikTok.

Entertainment | 11:18 WIB

Erina Gudono belakangan ini membeberkan rencana suaminya untuk maju sebagai wali kota. Hal itu ia ungkapkan sembari memohon doa kepada publik terkait kerja samaya dengan perusahaan Raffi Ahmad.

Entertainment | 11:15 WIB

Asisten pribadi Raffi Ahmad, Sensen dikenal telah bekerja dengan Sultan Andara itu sejak lama. Bahkan, ia merasa sudah menjadi bagian dari keluarga Raffi Ahmad dan Nagita Slavina.

Entertainment | 11:07 WIB

Momo penasaran kenapa Luna Maya marah kepadanya. Ia pun menanyakan langsung ke Luna Maya.

Entertainment | 10:52 WIB

Bahkan juri Simon Cowell memintanya untuk menyanyikan satu lagu lagi.

Entertainment | 10:47 WIB

Kasus video syur Rebecca Klopper kerap kali menyeret keluarga Haji Faisal. Keluarga mereka jadi terseret lantaran Rebecca Klopper merupakan kekasih dari Fadly Faisal alias kakak Fuji.

Entertainment | 09:44 WIB

Kabar mengejutkan datang dari rumah tangga influencer cantik, Tasya Revina dan Arjuna Dewanto Suryo Putro. Rumah tangga mereka diisukan tengah mengalami gonjang-ganjing.

Entertainment | 09:32 WIB

Rumah tangga Virgoun dan Inara Rusli kini telah berada di ujung tanduk. Secara agama, keduanya sudah tidak mungkin bisa kembali rujuk. Namun, proses persidangan hingga kini masih belum dijalankan.

Entertainment | 09:22 WIB

Dari hasil penipuan PO iPhone si kembar Rihana dan Rihani bawa kabur duit para korban Rp 35 miliar

Metropolitan | 11:47 WIB

Korban bernama Ayu Wandira tewas di tempat usai terlindas roda belakang sebelah kiri kontainer

Metropolitan | 10:57 WIB

Dalam insiden gondola jatuh itu ada 3 korban, satu tewas, satu luka berat dan satu lainnya luka ringan

Metropolitan | 06:21 WIB

Kami harapannya ditahan 2,5 tahun minimal harapan kami. Tapi jaksa penuntut umum telah menerapkan 1,3 tahun, kata Verawati.

Metropolitan | 02:40 WIB

Bukan hanya satu kali, hampir tiap tahun Pemerintah Provinsi DKI dihadapi masalah yang sama.

Metropolitan | 00:05 WIB

Keluarga Gen Halilintar akhirnya hadiri acara penting Atta Halilintar.

Gosip | 12:00 WIB

Thariq Halilintar diduga memiliki dua akun Instagram, yang mana hanya mengikuti perempuan dan sering menyukai foto perempuan berbikini.

Gosip | 11:40 WIB

Rafael Tan kembali berinovasi dengan resep mie goreng seblak.

Gosip | 11:23 WIB

Aset yang digugat ayah Nagita Slavina adalah beberapa rumah di Jakarta dan resort di Bali.

Gosip | 11:01 WIB

Frislly Herlind menjawab kabar hubungannya dengan Jordi Onsu saat ini.

Gosip | 10:55 WIB
Tampilkan lebih banyak